Rokok Crystal

Pertanyaan :

Sebagai pendatang baru. Crystal tergolong produk yang sukses. Rokok kretek yang diluncurkan tahun 1991 ini tiap hari dapat terjual 40 Juta batang. Kuncinya antara lain, penetapan harga yang tepat “ Saya melihat peluang industri rokok di kelas harga Rp. 500 / bungkus ini 12 batang “ kata Bambang Haryanto, Direktur PT Filasta Indonesia, sebagai produsen Crystal. Harga yang rendah itu membuat merk ini bisa dijangkau oleh segmen anak muda yang belum memiliki penghasilan, kesuksesan merk ini terganjal ketika pemerintah menaikkan cukai rokok, dan sebagai konsekuensinya harga Crystal dinaikkan menjadi Rp. 600 per bungkus. Hal ini berakibat pada turunnya penjualan Crystal sebesar 25% yaitu menjadi 30 juta batang per hari.

 

1. Identifikasikanlah penyebab turunnya penjualan Crystal yang begitu signifikan !

 

2. Apakah turunnya penjualan ada hubungannya dengan perilaku konsumen ? Bila ada hubungannya uraikanlah bentuk perilaku konsumen yang telah menyebabkan terjadinya penurunan penjualan !

 

3. Berdasarkan pertanyaan no 2 rekomendasi apa yang bisa anda sampaikan agar tidak terjadi penurunan penjualan lagi !

 Jawaban :

1. Yaitu ketika pemerintah menaikkan cukai rokok, dan sebagai konsekuensinya harga Crystal dinaikkan menjadi Rp. 600 per bungkus.

2. Ada, yaitu terjadi kenaikan harga pada rokok crystal yaitu menjadi 600/bungkus.Dan berpengaruh pada permintaan konsumen terhadap rokok tersebut, maka berakibat terjadinya penurunan penjualan.

3. Dengan menjaga kestabilan harga sesuai dengan kemampuan masyarakat tetapi tetap menjaga kwalitas produk.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s